! ! Blog Update ! !

Bagi ente yg mau tau blog ini lebih jauh, kunjungi versi inggrisnya di http://alitputra.blogspot.com, semoga semua yg ane berikan bermanfaat bagi ente semua..

Kemampuan Hacking Dasar

Posted by Aryawan On Minggu, 13 Januari 2013 0 komentar
Sikap hacker penting, tapi terlebih penting lagi keahlian. Sikap bukan pengganti keahlian, dan ada seperangkat keahlian menggunakan perangkat tool yang perlu ente kuasai sebelum orang berpikir memanggil ente hacker. Perangkat tool ini perlahan-lahan memang berubah seiring teknologi yang menciptakan keahlian baru dan membuat keahlian lama tidak berguna. Misalnya, dulu keahlian pemrograman bahasa mesin termasuk, dan kemampuan HTML belum dan hanya baru-baru ini saja. Yang jelas saat ini yang termasuk adalah:

Pelajari Pemrograman
Ini tentunya merupakan keahlian hacking yang fundamental. Jika ente belum pernah belajar bahasa pemrograman mana pun, ane saranin mulai dengan Python. Disainnya bersih, terdokumentasi dengan baik, dan cukup mudah bagi pemula. Meski menjadi bahasa pertama, bukan berarti Python hanya mainan. Phyton amat ampuh dan fleksibel, cocok untuk proyek-proyek besar (bukan promosi ya..)

Cari, pelajari, dan jalankan salah satu versi Unix open-source
how to hackAne anggap ente memiliki, atau memperoleh akses ke computer pribadi (anak jaman sekarang mudah sekali mendapatkan akses). Kalau ada satu langkah terpenting bagi pemula untuk mendapatkan kemampuan hacker, itu adalah untuk mendapatkan satu salinan OS Linux atau salah satu Unix BSD, meng-install-nya di computer sendiri, dan menjalankannya. Ane saranin bagi ente yang masih pemula untuk meminta bantuan dalam meng-install Linux kepada seseorang atau kelompok pengguna Linux. Jika ente sudah bisa memahami Unix, maka ente akan mampu menjadi hacker internet karena Unix merupakan sistem operasi Internet.

Pelajari cara menggunakan World Wide Web dan cara menulis HTML
Siapa saja pun bisa sekedar menggunakan browser, tapi mempelajari cara menulis HTML, bahasa markup Web, belum tentu semua orang bisa. Bila ente belum menguasai bahasa pemrograman, lewat menulis HTML ente akan diajari beberapa kebiasaan mental yang akan membantu ente belajar pemrograman. Jadi, buatlah homepage. Hanya membuat homepage tidak akan membuat ente menjadi seorang hacker. Web penuh dengan homepage. Walaupun tampak indah, tetapi tidak berarti jika tanpa isi. Agar bermanfaat, halaman ente harus mengandung content yang harus menarik dan/atau berguna bagi hacker lain.

0 komentar:

Posting Komentar